3.8.09

BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN PSIKOANALISA DALAM MENGATASI MUSLTIPLE PERSONALITY SEORANG REMAJA DI DESA ….


PENDAHULUAN

A. KONTEKS PENELITIAN

Manusia diciptakan Allah SWT sebagai makhluk yang paling sempurna di muka bumi ini, baik dari aspek jasmani maupun Rohani. Dua aspek tersebut tertanam cahaya fitrah (kesucian) yang senantiasa merindukan akan kasih sayang dari Sang Kholik. Oleh sebab itu dengan kesuciannya tersebut dalam batin manusia berupaya untuk mencari nilai kebenaran, kejujuran, dan kebaikan. Namun karena bermukimnya cahaya fitrah tersebut sangat tersembunyi dibalik hati nurani yang paling dalam, maka tidak semua manusia mengetahui dan memahaminya.

Manusia yang tidak mengerti dan memahami tentang eksistensi dirinya diciptakan oleh Allah SWT, maka mereka lebih cenderung dipengaruhi oleh unsur duniawi dan lebih dipengaruhi oleh emosi negatifnya dan mereka akan mengalami banyak kesedihan atau akan menimbulkan reaksi-reaksi kejiwaan yang tidak sehat.

Dari sinilah permasalahan-permasalahan kehidupanpun terjadi dan tidak semuanya dapat menyelesaikan dan memecahkannya karena memang telah digariskan oleh Allah SWT bahwa akal manusia itu terbatas, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nisa' ayat 28 yang berbunyi :
يريد الله ان يخفف عنكم وخلق الإ نسان ضعيفا
Artinya : "Allah SWT memberikan keringanan kepadamu dan manusia dijadikan bersifat lemah".

Selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar

PERPUS. SKRIPSI TESIS is wearing Nur | To Blogger by An at Student | Campus and Comments (RSS).