3.8.09

PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI …………..


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan pada umumnya merupakan pembangunan moral dan sebagai sarana peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia. Dengan demikian moral dan mutu pendidikan sumber daya manusia yang tinggi akan mampu memberi makna yang besar manfaatnya dalam pergaulan berbangsa dan bernegara sesuai dengan arah tujuan pembangunan nasional.

Dunia pendidikan sebagai pranata utama pembangunan, sumber daya manusia harus secara jelas berperan membentuk peserta didik menjadi aset bangsa yaitu menjadi manusia produktif yang mampu menciptakan jasa dan produk unggulan industri Indonesia pada pasar global.
Konsekuensi memasuki era globalisasi, era industrialisasi dan era reformasi yang di satu sisi membuka peluang untuk mempercepat laju pembangunan. Tetapi di sisi lain membawa tantangan persaingan yang cukup ketat dan semakin tajam. Dengan demikian kita dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan lewat prestasi belajar peserta didik di sekolah-sekolah.

Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama adalah salah satu lembaga pendidikan formal di negara kita yang diharapkan dapat berprestasi dan dapat menciptakan kader-kader bangsa yang sesuai dengan tuntutan jaman dalam rangka menyesuaikan diri dengan perkembangannya. Semua ini dapat kita capai apabila pendidikan yang kita selenggarakan memiliki kualitas yang baik..
Salah satu pendidikan yang sangat penting untuk membentuk moral bangsa yang tangguh di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama adalah Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat membentuk kader-kader bangsa yang beriman dan bertakwa serta mempunyai akhlak yang mulia.
Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting untuk merealisasikan tujuan pendidikan nasional yang telah diatur dalam UU RI No.20 tahun 2003 yang berbunyi: “Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Adapun tujuan umum Pendidikan Agama Islam adalah membimbing anak agar mereka menjadi orang muslim sejati, beriman teguh, beramal shaleh dan berakhlak mulia serta berguna bagi masyarakat, agama dan negara.

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ialah dengan cara melalui perbaikan proses belajar mengajar. Berbagai konsep dan wawasan baru tentang proses belajar mengajar di sekolah telah muncul dan berkembang. Guru sebagai personal yang menduduki posisi dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, dituntut untuk terus mengikuti berbagai konsep-konsep pembelajaran. Salah satu solusi untuk meningkatkan mutu sekolah adalah pembelajaran remedial.

Pengembangan mutu sumber daya manusia tidak hanya berkisar pada siswa yang berpotensi dan normal, namun mencakup juga bagi siswa yang lamban dan berprestasi rendah dalam belajar. Semua siswa memiliki kedudukan dan hak yang sama untuk menjadi manusia yang dicita-citakan masyarakat, bangsa dan agama. Siswa lamban dan berprestasi rendah masih mempunyai harapan besar untuk bisa disembuhkan seoptimal mungkin melalui latihan-latihan khusus yang cocok dengan tingkat perkembangannya.

Selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar

PERPUS. SKRIPSI TESIS is wearing Nur | To Blogger by An at Student | Campus and Comments (RSS).