3.8.09

STUDI ANALISIS EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM DAKWAH PONDOK PESANTREN


PENDAHULUAN

A. Kontek Penelitian
Berdakwah adalah kewajiban setiap muslim untuk melaksanakannya karena islam memang agama dakwah yang mengugaskan setiap umatnya untuk menyebarkan dan mensiarkan Islam kepada seluruh umat mansia. Usaha untuk menyebarkan dan merealisasikan ajarannya ditengah-tengah kehidupan manusia bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan sendiri, melainkan harus dilakukan bersama-sama yaitu melalui wadah atau organisasi.

Dengan melihat zaman yang serba modern ini tentunya dalam melaksanakan kegiatan dakwahnya sangatlah sulit dan komplek, makin bertambahnya tahun makin berat pula masalah-masalah yang dihadapi dalam menjalankan dakwah Islam di dunia ini. Adapun banyak organisasi Islam dan para juru dakwah yang hanya melakukan dakwah saja, tanpa melakukan perencanaan dan persiapan yang matang serta tidak menggunakan sistem kerja yang efektif dan efesien.

Demikian pula mereka yang sudah memiliki visi dan misi kedepan mereka tidak melakukan perencanaan yang matang, tanpa memikirkan akhibatnya dan kiranya dalam pelaksanaan dakwah kedepannya selalu senantiasa diteliti apakah program dakwah yang direncanakan semula apakah terjadi penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaannya, maka dalam melaksanakan program dakwah perlu pengawasan atau disebut juga evaluasi, dan evaluasi ini merupakan pengembangan dari fungsi manajemen yaitu controlling.

Menurut kamus istilah manajemen, evaluasi adalah “proses bersistem dan obyektif yang menganalisa sifat dan cirri pekerjaan di dalam perusahaan atau organisasi. Dan evaluasi ini biasanya jarang dilakukan baik evaluasi pada awal pelaksanaan, di tengah pelaksanaan dan akhir pelaksanaan.

Pada tahap awal atau pada perencanaan ini digunakan untuk memilih dan menentukan program apa yang sebaiknya dilakukan dan memilih alternatif mana yang kiranya mudah untuk dilakukan dan tidak menanggung resiko yang terlalu berat. Pada tengah pelaksanaan untuk menganalisa tingkat kemajuan pelaksanaan program yang telah dilakukan dan membandingkan antara pelaksanaan awal dan tingah pelaksanaan, dan kiranya ditengah-tengah pelaksanaan ini apakah ada penyimpangan-penyimpangan yang perlu diperbaiki oleh pelaksana program. Evaluasi pada akhir tidak lagi menganalisa tingkat kemajuan program melainkan melihat dampak negatif maupun positif atau hasil dari pelaksanaan program yang telah direncanakan sebelumnya.

Banyak organisasi Islam tanpa melakukan tahap-tahap dari evaluasi ini, mereka hanya menyampaikan program dakwah yang merupakan kewajibannya, tanpa memperhatikannya. Apakah si obyek dakwah melakukan atau tidak melakukan dari dakwah yang mereka sampaikan, mereka tidak memperhatikan apakah dakwah yang mereka lakukan dilaksanakan atau tidak yang penting tujuan mereka sudah terlaksana atau telah tersampaikan.

Melihat kondisi diatas maka timbullah keinginan untuk mengadakan penelitian yaitu evaluasi dengan judul: “STUDI ANALISIS EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM DAKWAH PONDOK PESANTREN …………”.

Selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar

PERPUS. SKRIPSI TESIS is wearing Nur | To Blogger by An at Student | Campus and Comments (RSS).