3.8.09

STUDI KORELASI ANTARA AKTIVITAS DAKWAH DENGAN KEPUASAN JAMA’AH MASJID..........


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini kepuasan pelanggan telah menjadi bagian integral dalam misi dan tujuan sebagian besar organisasi atau perusahaan. Hal ini dikarenakan kepuasan pelanggan dirasa mampu memberikan manfaat yang mengarah pada tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan dimasa mendatang.
Pada hakekatnya, kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang yang relatif mahal dan tidak mendatangkan laba dalam jangka pendek, karena membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat membangun dan mendapatkan reputasi atas pelayanan prima, bahkan kerap kali dituntut investasi besar pada serangkaian aktivitas yang ditujukan untuk membahagiakan pelanggan. Akan tetapi hasilnya dapat dituai di masa mendatang dan manfaatnya dapat bertahan lama. Oleh sebab itu kepuasan pelanggan merupakan indikator kesuksesan dimasa depan.

Selain itu karena pelanggan adalah orang yang menerima hasil pekerjaan seseorang atau suatu organisasi, maka hanya merekalah yang dapat menentukan kualitasnya seperti apa dan hanya mereka yang dapat menyampaikan apa dan bagaimana kebutuhan mereka. Dengan begitu akan berimplikasi pada perbaikan secara terus menerus pada suatu perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi yang nantinya akan berujung pada tercapainya tujuan serta ke eksistensian suatu perusahaan.

Kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama dalam suatu organisasi atau perusahaan sebagai salah satu strategi dalam pencapaian tujuan. Maka, apapun yang dilakukan manajemen (perusahaan atau organisasi) tidak akan ada gunanya bila akhirnya tidak menghasilkan kepuasan pelanggan. Hal inipun tak terkecuali pada organisasi atau lembaga dakwah dalam melaksanakan aktivitas dakwahnya.
Islam adalah agama dakwah, yaitu agama yang menugaskan umatnya untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam kepada seluruh umat manusia. Sebagai rahmat bagi seluruh alam, Islam dapat menjamin terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan umat manusia bilamana ajaran Islam yang mencakup segenap aspek kehidupan itu dijadikan sebagai pedoman hidup dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh umat manusia.

Usaha untuk menyebarluaskan Islam begitu pula untuk merealisir ajarannya ditengah-tengah kehidupan umat manusia merupakan usaha dakwah yang dalam keadaan bagaimanapun dan dimanapun harus dilaksanakan oleh umat Islam. Namun dilain sisi penyelenggaraan usaha dakwah Islam terutama di masa depan akan semakin bertambah berat dan kompleks. Hal ini disebabkan karena masalah-masalah yang dihadapi oleh dakwah semakin berkembang dan kompleks pula.
Melihat kondisi semacam ini, maka faktor kepusan jama’ah sebagai obyek dalam aktivitas dakwah harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan bila jama’ah telah merasa terpenuhi apa yang diharapkan, maka aplikasi dari pesan dakwah yang diperolehnya cenderung diwujudkan. Dan dakwah dapat dikatakan sukses bila pesan dakwah yang disampaikan oleh da’i (pelaku dawah) dapat diterima dan dilaksanakan oleh mad’u atau obyek dakwah. Dengan begitu pelaksanaan dakwah dapat efektif.
Masjid ………… merupakan salah satu masjid diantara enam masjid yang ada di Rewwin, yang memiliki sekian banyak aktivitas dakwah dan selalu mendapat banyak sambutan dari para jama’ahnya. Melihat fenomena yang ada tersebut, maka aktivitas dakwah yang dilaksanakan diharapkan tidak hanya dilakukan begitu saja, tetapi juga harus memperhatikan efek bagi jama’ahnya, salah satunya dari segi kepuasan jama’ahnya.
Berdasarkan kajian yang telah diuraikan diatas, maka penulis mengangkat judul mengenai ”STUDI KORELASI ANTARA AKTIVITAS DAKWAH DENGAN KEPUASAN JAMA’AH MASJID …………

Selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar

PERPUS. SKRIPSI TESIS is wearing Nur | To Blogger by An at Student | Campus and Comments (RSS).